Yuk! PMB UIN Sunan Kalijaga Sudah Dibuka


Yuk! PMB UIN Sunan Kalijaga Sudah Dibuka

Halo calon Kalijaga Muda..

PMB UIN Sunan Kalijaga tahun 2022 sudah mulai dibuka lho. Tahun ini kembali dibuka kesempatan bagi para calon mahasiswa untuk bergabung di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, kampus yang nyaman, inklusif dan rumah moderasi beragama. Secara umum ada dua kategori jalur nih yang bisa Kalijaga Muda ikuti. Pertama, Jalur Nasional yakni SNMPTN, UBTK-SBMPTN, SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN. Kedua, Jalur Madiri yang diselenggarakan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yakni jalur Computer Based Test (CBT) gelombang 1, CBT gelombang 2, Jalur Portofolio, dan Jalur Prestasi.  Pada Jalur Mandiri Portofolio tahun ini ada yang spesial lho, selain ada Program Mandiri Khusus Calon Mahasiswa Difabel, ada juga jalur penerimaan baru yaitu Jalur Portofolio Keberagaman yang diperuntukkan untuk calon mahasiswa non-muslim atau daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).

Nah, bagi kalian yang belum tahu.. Di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta nggak hanya ada jurusan keagamaan lho, ada juga jurusan umum. Jadi, bagi kalian yang memiliki minat di jurusan umum, bisa banget kuliah di UIN SuKa. Disini ada 24 jurusan keagamaan dan 17 jurusan umum. So, calon Kalijaga Muda dapat memilih jurusan sesuai minatnya ya..

Jalur Nasional SNMPTN dan SBMPTN calon Kalijaga Muda dapat melihat informasinya melalui laman ltmpt.ac.id ya. Selain itu, bagi kalian yang ingin ikut Jalur SPAN-PTKIN informasinya dapat dilihat di laman span-ptkin.ac.id dan untuk Jalur UM-PTKIN silakan ikuti informasi lengkapnya melalui laman um-ptkin.ac.id.

Saat ini UIN Sunan Kalijaga menjadi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) pertama dan satu-satunya yang terakreditasi Unggul lho! Pada tahun 2021 lalu, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta juga menjadi PTKIN dengan peminat terbanyak secara nasional. Tentu saja untuk mencapai prestasi ini bukan merupakan hal yang mudah. Perlu kerjasama semua pihak civitas akademika dalam mewujudkannya. Untuk itu, mari kita lanjutkan prestasi ini bersama dengan bergabung menjadi Kalijaga Muda selanjutnya.

Lalu gimana sih jadwal, syarat, dan cara pendaftaran Jalur Mandiri? Boleh banget nih calon Kalijaga Muda mampir di website resmi kami di laman admisi.uin-suka.ac.id. Syarat bagi kalian yang ingin daftar melalui Jalur Mandiri yaitu lulus dari satuan pendidikan setingkat SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu’adalah atau peserta didik paket C yang lulus pada tahun 2019, 2020, 2021 dan 2021. Memiliki ijazah atau surat keterangan lulus (lulusan tahun 2022). Memiliki nilai rapor Bahasa Arab minimal 7 (tujuh) khusus pilihan jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) dan jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA), serta memiliki nilai rapor bahasa Inggris minimal 7 (tujuh) khusus untuk pilihan jurusan Sastra Inggris.

Bagi kalian yang masih bingung dan punya pertanyaan terkait Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), silakan sampaikan pertanyaanmu ke Admin Admisi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta di nomor telepon (0274) 558254, e-mail admisi@uin-suka.ac.id, atau bisa juga melalui Whatsapp (chat only) di nomor 081-7230-2020.  Selain itu, jangan lupa untuk follow dan ikuti informasinya di media sosial kami ya, instagram, FB dan Twitter di @uinsk dan Channel Youtube di UIN Sunan Kalijaga. Info lengkapnya ada di laman admisi.uin-suka.ac.id.

Tunggu apalagi, kami tunggu kalian menjadi Kalijaga Muda selanjutnya!

UIN SUNAN KALIJAGA UNTUK BANGSA. 

UIN SUNAN KALIJAGA MENDUNIA.