SNMPTN

2020-03-31 09:35:20

Informasi Jalur SNMPTN

SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/MA dan SMK atau sederajat dengan masa belajar 3 (tiga) tahun ATAU semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK yang masa belajarnya 4 (empat) tahun, serta Portofolio Akademik.

Informasi selengkapnya dapat diakses di laman: http://www.snmptn.ac.id

PENGUMUMAN DITERIMA TAHAP I, dapat dilihat dilaman https://admisi.uin-suka.ac.id/ kolom Pengumuman, pada tanggal 08 April 2020.


PROSEDUR DAN KETENTUAN TAHAP I:

     1. Pengisian data Profil

Peserta yang diterima wajib melakukan pengisian data profil mahasiswa secara online melalui laman: dataprofil.uin-suka.ac.id pada tanggal 09 - 20 April 2020 , login menggunakan nomor pendaftaran SNMPTN sebagai username dan tanggal lahir (dengan format: ddmmyyyy) sebagai password dengan menyiapkan dokumen asli yang meliputi:
  • Rapor semester I-V atau I-VII;
  • Sertifikat prestasi;
  • Slip gaji orang tua/wali bagi pegawai swasta maupun negeri atau surat keterangan penghasilan orang tua/wali yang disahkan oleh kepala desa/lurah (dan file hasil scan);*
  • Kartu Keluarga (dan file hasil scan);
  • Rekening listrik bulan terakhir atau surat penyataan tidak berlangganan listrik (dan file hasil scan);
  • Pajak Bumi dan Bangunan tahun terakhir atau surat keterangan tidak memiliki tanah atau rumah dari kepala desa/lurah (dan file hasil scan);
  • Surat Keterangan Tidak Mampu/Kartu Miskin dari kepala desa/lurah bagi yang tidak mampu (dan file hasil scan).

* Apabila kedua orang tua bekerja, maka peserta harus mempersiapkan slip gaji / surat keterangan penghasilan untuk keduanya (Bapak dan Ibu).

2.  peserta yang diterima wajib mengikuti verifikasi nilai rapor dan dokumen asli SECARA ONLINE MELALUI WHATSAPP PADA TANGGAL 22 -23 aPRIL 2020.
LAIN-LAIN
  1. Apabila tidak mengisi Data Profil Mahasiswa pada tanggal 09 - 20 April 2020, maka calon mahasiswa yang bersangkitan DINYATAKAN MENGUNDURKAN DIRI.
  2. Tidak ada dispensasi dalam bentuk apa pun.


PENGUMUMAN DITERIMA TAHAP II, dapat dilihat dilaman https://admisi.uin-suka.ac.id/ kolom Pengumuman, pada tanggal 30 April 2020.

PROSEDUR DAN KETENTUAN TAHAP II:

1. KETENTUAN

A. Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus Tahap I melakukan pembayaran biaya pendidikan    pada tanggal (tanggal menyusul). Pembayaran dilakukan melalui: Bank Mandiri, BNI dan       Bukopin (dengan kode 000 diikuti nomor peserta SNMPTN)

B.  Melakukan pengisian Data Pribadi Mahasiswa (DPM)

Pengisian DPM dilakukan secara online melalui laman akademik.uin-suka.ac.id (login mengunakan NIM dan password yang tercantum pada bukti pembayaran biaya pendidikan dari Bank, bila tidak tercantum bisa menghubungi Kantor Layanan Terpadu UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta telp./WA 0274-540262 atau e-mail: akademik@uin-suka.ac.id). Berikut dokumen yang harus di upload pada pengisian DPM:

    • Scan Ijazah (scan SKL asli)
    • Scan Akta Kelahiran
    • Scan Kartu Keluarga
    • Scan Surat Keterangan Penghasilan Bapak
    • Scan Surat Keterangan Penghasilan Ibu
    • Scan Surat Keterangan Penghasilan Wali (jika ada)
    • Scan Kartu Miskin/Kartu Menuju Sejahtera (jika ada)
    • Scan Foto Rumah Tampak Depan
    • Scan Bukti Pembayaran PBB (jika tidak ada upload surat keterangan dari Kepala Desa/Lurah)
    • Scan Bukti Pembayaran PLN (jika tidak ada upload surat keterangan dari Kepala Desa/Lurah)
    • Scan Bukti Pembayaran PDAM (jika tidak ada upload surat pernyataan tidak berlangganan PDAM yang ditandatangani orang tua)
    • Scan Bukti Pembayaran TELKOM (jika tidak ada upload surat pernyataan tidak berlangganan TELKOM yang ditandatangani orang tua)
    • Scan Bukti Pembayaran Internet (jika tidak ada upload surat pernyataan tidak berlangganan Internet yang ditandatangani orang tua)
    • Scan sertifikat bukti prestasi olimpiade/perlombaan (jika ada)
    • Scan sertifikat bukti kegiatan (jika ada)

Tipe file yang diizinkan adalah gif, jpg, jpeg, atau pdf dan berukuran minimum 100KB, maksimum 1 MB.

Pengisian DPM yang telah selesai, ditandai dengan download surat pernyataan kesanggupan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan surat pernyataan kesanggupan menaati semua peraturan/Kode Etik Mahasiswa.

2. PERSYARATAN DOKUMEN ADMINISTRASI REGISTRASI

Dokumen persyaratan Administrasi Registrasi yang terdiri dari:

    • Fotokopi Ijazah yang telah disahkan oleh kepala sekolah/madrasah (SKL asli);
    • Fotokopi Akta Kelahiran yang telah disahkan oleh pejabat berwenang;
    • Fotokopi Surat Bukti Kewarganegaraan Republik Indonesia (SBKRI) yang telah disahkan oleh yang berwenang dengan menunjukkan aslinya (bagi Warga Negara Indonesia Keturunan Asing);
    • Fotokopi paspor dan surat izin Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI/Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (bagi Warga Negara Asing);
    • Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari Kepala Sekolah;
    • Salinan Resmi (slip pembayaran) atau fotokopi bukti pembayaran biaya pendidikan (bagi yang membayar melalui ATM, Internet Banking atau SMS Banking);
    • Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter Klinik Pratama UIN Sunan Kalijaga Yogyarata;
    • Fotokopi kartu BPJS (bagi yang memiliki);
    • Surat pernyataan kesanggupan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) bermaterai  Rp. 6000,- (enam ribu rupiah) yang disiapkan oleh mahasiswa dan;
    • Surat pernyataan kesanggupan menaati semua peraturan/Kode Etik Mahasiswa.

Formulir surat pernyataan kesanggupan membayar UKT dan kode etik akan diperoleh calon mahasiswa ketika telah selesai melakukan pengisian DPM secara online yang harus ditandatangani oleh calon mahasiswa di atas meterai Rp. 6.000,- (enam ribu rupiah) yang disediakan oleh mahasiswa.

3. WAKTU DAN PROSEDUR PENYERAHAN KELENGKAPAN PERSYARATAN ADMINISTRASI       REGISTRASI

  • Seluruh berkas kelengkapan persyaratan administrasi registrasi dimasukkan kedalam stofmap berwarna :
    • Kuning            : Fakultas Adab dan Ilmu Budaya
    • Merah              : Fakultas Dakwah dan Komunikasi
    • Abu-abu          : Fakultas Syariah dan Hukum
    • Merah Muda    : Fakultas Sains dan Teknologi
    • Hijau Muda      : Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
    • Hijau                : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
  • Seluruh calon mahasiswa baru wajib datang sendiri menyerahkan berkas kelengkapan persyaratan administrasi registrasi langsung ke Bagian Akademik di Kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (TANGGAL MENYUSUL).

    LAIN-LAIN
    1. Semua biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali;
    2. Apabila tidak melakukan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) (tanggal menyusul) dan tidak mengisi Data Pribadi Mahasiswa (DPM) s.d. tanggal , maka calon mahasiswa yang bersangkutan DINYATAKAN MENGUNDURKAN DIRI.

    3. Tidak ada dispensasi dalam bentuk apa pun.