Langkah Awal Capai Mimpi dengan Seleksi Mandiri CBT


Langkah Awal Capai Mimpi dengan Seleksi Mandiri CBT, design: novan/admisi

Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Pusat Admisi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, pada tanggal 3 Maret 2020 lalu, telah resmi membuka jalur seleksi PMB khusus program sarjana (S1) melalui mekanisme Computer-Based Test (CBT). CBT merupakan seleksi dengan pola ujian dengan menggunakan komputer yang telah disediakan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan dapat diikuti oleh peserta sesuai dengan tanggal dan waktu ujian yang telah ditetapkan panitia PMB. Ujian CBT 1 digelar selama lima hari, tepatnya mulai tanggal 17 sampai dengan 21 Maret 2020, dengan menggunakan sebanyak 320 unit komputer serta laboratorium di tiga lokasi ujian. Selain itu, sarana dan prasarana lain seperti kestabilan jaringan internet, genset, lapangan parkir, dan pihak keamanan pun telah disiapkan panitia untuk mendukung kelancaran proses seleksi.

Persyaratan mendaftar seleksi CBT terbilang sangat mudah. Calon peserta cukup membayar biaya seleksi sebesar Rp300.000 di Bank BNI atau Bank Mandiri cabang dan kota manapun dengan kode bayar diikuti dengan tanggal lahir calon peserta (format ddmmyyyy). Adapun kode bayar seleksi CBT yakni 985 untuk pilihan prodi Sains atau kode bayar 986 bagi yang hendak memilih prodi Isoshum. Pengelompokan prodi Sains dan Isoshum dapat dilihat di web resmi PMB Admisi UIN Sunan Kalijaga. Bagi calon peserta yang sudah membayar biaya seleksi, maka langkah berikutnya adalah login secara online di web admisi https://admisi.uin-suka.ac.id dengan mengisi data diri, pilihan prodi, lalu cetak kartu ujian.

Seleksi CBT dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017, 2018, 2019 dan 2020 dari pendidikan menengah SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Muadalah atau sederajat, dan Paket C. Siswa kelas XII yang akan lulus pada tahun 2020, cukup melampirkan surat keterangan kelas XII yang diterbitkan oleh sekolah. Sementara itu, calon peserta yang lulus pada tahun sebelumnya diharuskan melampirkan ijazah pendidikan menengah.

Panitia PMB mengimbau agar peserta CBT tidak menunda proses verifikasi dan cetak kartu ujian mengingat proses pendaftaran yang cukup singkat. Panitia juga berharap terdapat banyak calon mahasiswa baru UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang mengikuti jalur Mandiri CBT 1 ini, karena CBT 1 merupakan jalur seleksi mandiri pertama yang telah dibuka dan dapat dijadikan langkah awal bagi calon mahasiswa untuk meraih sukses dan menggapai impian menjadi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Informasi PMB bisa Anda dapatkan di kantor Admisi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Jl Marsda Adisucipto, Yogyakarta 55281, website resmi https://admisi.uin-suka.ac.id, email admisi@uin-suka.ac.id, IG/FB @uinsk, Telpon : 0274 558254, atau WA chat +62 817-2302-020.

Tetaplah bersemangat para Kalijaga Muda! Raih mimpimu, raih suksesmu bersama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Unggul dan Terkemuka! [novan - Admisi]