Sukses, 279 Calon Mahasiswa Jalur SNMPTN 2021 lolos di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta


Sukses, 279 Calon Mahasiswa Jalur SNMPTN 2021 lolos di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

UIN Sunan Kalijaga tahun ini kembali menerima calon mahasiswa baru jalur SNMPTN. Sebanyak 279 Calon Mahasiswa lolos seleksi yang diikuti oleh 3.917 pendaftar dengan komposisi sebanyak 134 calon mahasiswa program studi IPA/Saintek, dan 145 calon mahasiswa program studi IPS/Fishum dari 17 program studi yang ditawarkan. Jumlah tersebut merupakan kuota 20% dari keseluruhan jalur masuk yang disediakan UIN Sunan Kalijaga.

Pilihan pendaftar pada jalur SNMPTN ini sebanyak 2.044 merupakan pilihan pertama dan 1.873 pilihan kedua. Sedangkan sistem seleksi dan evaluasi menggunakan nilai siswa SMA/MA/SMK sejak semester pertama atau kelas X sampai XII beserta prestasi akademik dan non-akademik menjadikan pendaftar pada jalur ini sangat kompetitif dan ketat. Seperti yang diungkapkan Ketua Admisi UIN Sunan Kalijaga, Aulia Faqih “tahun ini meski masih dalam situasi pandemi, layanan dan jadwal pendaftaran terus berlangsung sehingga kesempatan untuk mendaftar di UIN terus terbuka dan yang terpilih melalui jalur ini memang memiliki keunggulan dan kompetitif”.

Sementara itu, Aris Risdiana, selaku sekretaris Admisi menambahkan bahwa pembukaan pendaftaran mahasiswa baru di UIN Sunan Kalijaga mengikuti jalur-jalur yang diselenggarakan secara nasional dan jalur mandiri yang telah diumumkan melalui website admisi.uin-suka.ac.id atau di media sosial UIN Sunan Kalijaga, brosur-brosur dan iklan di media masa. “Khusus untuk jalur SNMPTN secara nasional dibuka pada tanggal 15-24 Februari 2021 dan pengumuman yang  lolos jalur ini pada tanggal 22 Maret 2021 ini” ungkapnya.

Aris menambahkan, 17 prodi yang tersedia melalui jalur SNMPTN dengan rincian; 10 prodi saintek meliputi Prodi Matematika, Kimia, Fisika, Biologi, Teknik Informatika, Teknik Industri, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi. Serta 7 prodi sosial humaniora meliputi Prodi Ilmu Komunikasi, Sosiologi, Psikologi, Sastra Inggris, Ilmu Perpustakaan, Ilmu Kesejahteraan Sosial dan Ilmu Hukum.

Selanjutnya calon mahasiswa yang lolos diharapkan melengkapi dan mengunggah dokumen yang disyaratkan melalui laman dataprofil.uin-suka.ac.id pada tanggal 23 - 30 Maret 2021, login menggunakan nomor pendaftaran SNMPTN sebagai username dan tanggal lahir (dengan format: ddmmyyyy) sebagai password menyiapkan file scan dokumen asli. Kemudian Peserta yang diterima wajib mengikuti verifikasi data profil, nilai rapor dan dokumen asli secara online dengan terlebih dahulu melakukan pendaftaran, memilih tanggal 1,2,5 atau 6 April 2021 melalui website uinsk.id/snmptn2021. Pengumuman hasil verifikasi dan pengelompokan Uang Kuliah Tunggal (UKT) akan diinformasikan melalui laman: https://admisi.uin-suka.ac.id dan https://uin-suka.ac.id kolom pengumuman pada tanggal 13 April 2021. Sesuai denga keputusan rektor nomor 54.4 Tahun 2021 tanggal 22 Maret 2021 Apabila tidak mengisi Data Profil Mahasiswa pada tanggal 23 - 30 Maret 2021, maka calon mahasiswa yang bersangkutan DINYATAKAN MENGUNDURKAN DIRI.

Aulia menambahkan untuk calon mahasiswa yang belum lolos di jalur SNMPTN dapat mengikuti jalur lain yang tersedia. Seperti jalur UTBK/SBMPTN mengikuti jadwal nasional yang ditetapkan oleh LTMPT dan demikian halnya untuk jalur UM-PTKIN. Sehingga diharapkan bagi calon mahasiswa untuk memperhatikan jadwal proses pendaftaran dan tetap optimis meraih cita-cita, sedangkan untuk calon mahasiswa yang berencana mengikuti jalur seleksi PMB Mandiri untuk terus memantau social​ media resmi di Facebook/Instagram @uinsk serta di laman resmi admisi di https://admisi​.uin-suka.ac.id/ untuk mengetahui perkembangan informasi PMB UIN Sunan Kalijaga. (Han/Tim Media)