Selamat Bergabung Kalijaga Muda Jalur UTBK-SBMPTN 2022


Selamat Bergabung Kalijaga Muda Jalur UTBK-SBMPTN 2022

Selamat Bergabung Kalijaga Muda Jalur UTBK-SBMPTN 2022

            Yogyakarta, Peserta yang dinyatakan lolos seleksi masuk UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta jalur UTBK-SBMPTN tahun 2022 yang telah diumumkan pada Kamis (23/06). Melalui laman admisi.uin-suka.ac.id siswa yang dinyatakan lolos telah melalui seleksi yang begitu ketat dibagi dalam dua gelombang. Ujian seleksi gelombang 1 dilaksanakan pada tanggal 17-23 Mei 2022 dan ujian seleksi gelombang 2 dilaksanakan pada tanggal 28 Mei-03 Juni 2022. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai penyelenggara mengujikan tiga materi utama yakni Tes Potensi Skolastik (TPS), Tes Potensi Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris.

Untuk mengetahui hasil seleksi, peserta dapat masuk ke laman https://portal.ltmpt.ac.id/ kemudian login menggunakan username dan password yang digunakan saat ujian. Pada halaman dashboard akan tampil hasil yang menyatakan peserta dinyatakan lolos atau tidak lolos.

Tahun ini, UIN Sunan Kalijaga menyediakan kuota 50% untuk jalur UTBK-SBMPTN dari total penerimaan mahasiswa baru dari semua jalur. Terdapat 17 prodi yang dapat diambil melalui jalur ini, baik dari kelompok Soshum maupun Saintek. Prof. Iswandi Syahputra selaku Wakil Rektor Bidang Akademik menyampaikan, “Kuota ini sangat besar sehingga berharap yang telah dinyatakan lolos merupakan putra-putri terpilih yang telah melalui proses seleksi yang ketat”. Sementara Ir. Aulia Faqih Rifa’I selaku Ketua Admisi mengatakan, “Tidak mudah masuk UIN Sunan Kalijaga jalur UTBK, sehingga kami mengucapkan selamat bagi yang telah lolos dan jangan lupa ikuti proses selanjutnya”.

Peserta yang telah dinyatakan lolos kemudian diharapkan untuk mengikuti proses pemberkasan selanjutnya, dimohon mencermati dan melaksanakan ketentuan sebagai berikut:

A.  Peserta yang diterima wajib melakukan data profil mahasiswa secara online melalui laman: http://dataprofil.uin-suka.ac.id/ pada tanggal 24 Juni Pukul 13.00 WIB s.d 4 Juli 2022 Pukul 23.59 WIB, login menggunakan nomor pendaftaran SBMPTN sebagai username dan tanggal lahir (dengan format ddmmyyyy) sebagai password menyiapkan file scan dokumen asli yang meliputi:

  1. Slip Gaji kedua orang tua/wali bagi pegawai swasta maupun negeri atau Surat Keterangan Penghasilan  dari RT/RW yang disahkan oleh Kepala Desa/Lurah bagi yang tidak memiliki slip gaji;*

  2. Kartu Keluarga;

  3. Rekening listrik bulan terakhir (slip pembelian token) atau surat pernyataan tidak berlangganan listrik ;

  4. Pajak Bumi dan Bangunan tahun terakhir atau surat keterangan tidak memiliki tanah atau rumah dari kepala desa/lurah;

  5. Surat Keterangan Tidak Mampu/Kartu Menuju Sejahtera/Program Keluarga Harapan (jika ada).

*  Apabila kedua orang tua bekerja, maka peserta harus mempersiapkan file scan slip gaji/surat keterangan penghasilan untuk keduanya (Bapak dan Ibu).

B.  Pengumuman hasil verifikasi dan pengelompokkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) akan diinformasikan melalui laman : https://admisi.uin-suka.ac.id/ dan https://uin-suka.ac.id/ kolom Pengumuman pada tanggal 11 Juli 2022.

C.  Apabila tidak mengisi Data Profil Mahasiswa pada tanggal 24 Juni - 4 Juli 2022, maka calon mahasiswa yang bersangkutan ditetapkan sebagai mahasiswa kelompok 7 (tujuh) UKT.

D.  Calon mahasiswa yang terbukti melakukan kecurangan dalam pengisian formulir dan/atau memalsukan data dukung UKT, dikenakan sanksi berupa penetapan UKT pada kelompok 7 (tujuh).

E.  Apabila terjadi kendala dalam proses Pengisian Data Profil dapat menghubungi Kantor Admisi UIN Sunan Kalijaga melalui email admisi@uin-suka.ac.id atau nomor WhatsApp 08172302020 selama hari dan jam kerja.

Aulia Faqih menambahkan, “Tidak ada dispensasi dalam bentuk apapun bagi calon mahasiswa yang tidak mengikuti tahapan dalam proses pemberkasan ini”. Para calon mahasiswa diharapkan mengikuti ketentuan dan memperhatikan waktu penting diatas. Bagi peserta yang masih belum lolos masih terdapat jalur mandiri yang bisa ditempuh. “Masih ada jalur melalui tes yaitu CBT 2 dan jalur non tes yaitu portofolio cukup daftar dengan nilai UTBK dan jalur keberagaman untuk yang Non Muslim dan daerah 3 T” imbuhnya. Pendaftaran jalur mandiri semuanya dibuka sampai tanggal 5 Juli 2022. Informasi lebih lanjut bisa melihat website admisi.uin-suka.ac.id atau update Instagram @uinsk dan bisa melalui whatsapp ke nomor 0817-2302-020.


Tim Media Admisi