Sosialisasi Jalur Keberagaman ke 4 Penjuru Indonesia


Sosialisasi Jalur Keberagaman ke 4 Penjuru Indonesia

Sosialisasi Jalur Keberagaman ke 4 Penjuru Indonesia

Yogyakarta, implementasi nilai-nilai keberagaman dalam dunia Pendidikan menjadi pondasi dasar dalam membangun bangsa yang adil dan makmur. Sebagai perguruan tinggi negeri yang mengemban misi dan sudah menjadi tradisi dalam aktivitas akademik, UIN Sunan Kalijaga tahun ini telah membuka Jalur Portofolio Keberagaman dan Daerah 3T.

Dalam rangka upaya penyebaran nilai-nilai luhur dari spirit kesetaraan, kebersamaan, dan keadilan dalam bingkai keberagaman, segenap Pimpinan dan Jajaran Akademik, serta Tim Admisi melakukan sosialisasi ke empat penjuru Indonesia. Wilayah barat diwakili oleh Sumatera Utara tim sosialisasi melakukan kunjungan ke Kota Medan, Kab. Parapat, dan Kab. Samosir (24/05). Tim juga mengunjungi kampus Del Institute di Toba. Wakil Rektor Bidang 1, Prof. Dr. Iswandi Syahputra, M.Si yang mewakili rombongan menyampaikan bahwa, “Kota Medan, Toba, dan Parapat ini adalah simbol keberagaman di wilayah barat, maka kami sangat senang disambut baik dan ini menjadi komitmen UIN Sunan Kalijaga dalam menjalin hubungan dengan berbagai pihak yang beragam”.

Wilayah tengah diwakili oleh Provinsi Bali. Tim sosialisasi mengunjungi Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Bali dan Kampus Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar (18/05). Tim menyampaikan sosialisasi kepada para Kepala Sekolah dan anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) se-Provinsi Bali. Dalam sambutannya Kepala Kanwil Bali Dr. Komang Sri Maheni, M.Si. menyambut baik upaya UIN Sunan Kalijaga dalam menjaga semangat keberagaman, “Tentu ini menjadi kabar baik dan kami sangat mengapresiasi upaya ini karena Bali sebagai provinsi yang sangat toleran, semoga ini menjadi usaha Bersama agar nilai-nilai keberagaman tetap lestari”. Pada kesempatan selanjutnya dalam kunjungan ke Kampus UHN I Gusti Bagus Sugriwa, Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si. selaku Rektor mengatakan, “Kita memiliki visi dan semangat yang sama untuk menjaga nilai keberagaman dan kami sangat senang telah dikunjungi balik setelah kunjungan kami ke UIN Sunan Kalijaga”. 

Wilayah timur diwakili oleh Provinsi Nusa Tenggara Timur. Tim sosialisasi melakukan kunjungan ke Kota Kupang (31/05) dan melakukan dialog bersama dengan para Kepala Sekolah, anggota FKUB dan masyarakat. Tim yang dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang III, Dr. Abdur Rozaki, M.Si menyampaikan, “Sebagai bangsa yang besar dan beragam, kita memiliki banyak keunggulan maka dari itu UIN Sunan Kalijaga menjadi garda depan dalam merawat keberagaman itu”. Dalam kesempatan itu juga dilakukan dialog dengan para peserta yang memiliki latar keagamaan berbeda. Sementara dalam sambutannya, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi NTT Reginaldus S.S. Serang, M.Th. menyampaikan terima kasih atas kunjungan tim dari UIN Sunan Kalijaga, “Menjadi pembuka bagi kita untuk saling mengenal dan berharap nantinya warga NTT, khususnya dapat mengakses jalur keberagaman ini untuk masuk UIN Sunan Kalijaga”.

Sementara wilayah utara diwakili Provinsi Sulawesi Utara. Tim sosialisasi melakukan kunjungan ke Kota Manado di Kantor Wilayah Kemenag Sulut (7/06). Tim kemudian melakukan dialog dengan peserta yang terdiri dari kepala sekolah dan anggota FKUB, dalam sambutannya Kepala Kanwil H. Anwar Abubakar, M.Pd. mengapresiasi kedatangan rombongan dari UIN Sunan Kalijaga ke Sulut, “Mengingat Sulut dan Manado khususnya menjadi kota paling toleran, sehingga program keberagaman ini sangat sejalan dengan semangat masyarakat kami”, imbuhnya. Selain melakukan dialog, tim juga melakukan kunjungan ke kampus Institut Agama Kristen Negeri Manado, pada kesempatan ini Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan yang menyambut Dr. Olivia Cherly Wuwung, S.T., M.Pd. menyampaikan, “Kampus kita ini satu saudara dibawah naungan Kementerian Agama dan cita-cita Bersama membangun kedamaian dalam keberagaman sehingga kami sangat mengapresiasi tujuan UIN Sunan Kalijaga dalam program PMB Keberagaman ini”. Dalam kesempatan yang sama, Dr. Abdus Syakur Biro AUK UIN Sunan Kalijaga menyampaikan rasa terima kasih kepada civitas IAKN Manado yang telah menyambut baik dan berharap semoga akan terjalin juga Kerjasama kedepannya.

Atas dasar misi yang diemban, UIN Sunan Kalijaga khususnya dalam program jalur keberagaman dan 3T ini berharap menjadi kampus moderasi yang unggul dan terkemuka. Seperti yang disampaikan oleh Rektor Prof. Al Makin dalam amanatnya kepada seluruh tim sosialisasi jalur keberagaman agar menebarkan niat baik ini ke seluruh penjuru negeri sehingga UIN Sunan Kalijaga harus menjadi garda depan memimpin wacana di publik tentang pentingnya keberagaman, dialog antar etnis, dialog antar budaya, antar agama, sekaligus membawa bangsa ini bersaing di level dunia baik melalui karya ilmiah, penelitian, dan juga kekuatan diplomasi kita sebagai representasi muslim dengan jumlah terbesar di dunia. Komitmen terhadap nilai-nilai tersebut, UIN Sunan Kalijaga terus menjaga dan mengembangkan dalam tradisi akademik baik dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi maupun proses seleksi masuk bagi mahasiswa baru. Untuk itu pada tahun ini, kita memiliki satu jalur khusus bagi seluruh pemeluk agama melalui Jalur Keberagaman dan 3T.

Ir. Aulia Faqih selaku Ketua Admisi dalam kesempatan berbeda menyampaikan bahwa, “Jalur keberagaman dan 3T menjadi jalur khusus dalam rangka meningkatkan nilai universalitas pengetahuan untuk saling belajar antara yang berbeda dan menjadi wadah belajar bagi masyarakat di daerah terluar, tertinggal dan terdepan. Untuk jalur mandiri portofolio keberagaman dan 3T ini dibuka sampai tanggal 5 Juli 2022 dan syarat apa saja bisa dilihat diwebsite kami admisi.uin-suka.ac.id” imbuhnya.


Tim Media Admisi