Selamat, 872 Camaba UIN Sunan Kalijaga Diterima Lewat Jalur UTBK-SNBT. Tak Lolos, Masih Ada Jalur Lain!


Selamat, 872 Camaba UIN Sunan Kalijaga Diterima Lewat Jalur UTBK-SNBT. Tak Lolos, Masih Ada Jalur Lain!

Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) resmi mengumumkan hasil jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer - Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) secara serentak hari Kamis (13/06/2024) pukul 15.00 WIB pada laman utama https://pengumuman-snbt-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id atau 41 link mirror. Peserta dapat mengecek kelulusannya dengan cara memasukkan nomor pendaftaran/peserta SNBT dan tanggal lahir sesuai dengan data diri yang telah teregistrasi pada sistem SNPMB 2024. Selain melihat hasil seleksi, peserta juga dapat langsung mengunduh sertifikat untuk melihat skor UTBK dari tanggal 13 Juni sampai dengan 31 Juli 2024.

“Jika peserta diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) pilihan, header halaman situs akan berwarna biru dan memuat informasi yang terdiri dari: nomor peserta, nama peserta, tanggal lahir peserta, nama PTN diterima, dan nama program studi diterima. Sebaliknya, bagi peserta yang tidak diterima, akan muncul pernyataan bahwa peserta dengan nama dan nomor tersebut tidak diterima pada jalur UTBK-SNBT 2024,” kata Ketua Pusat Admisi UIN Sunan Kalijaga, Dr. Ir. Aulia Faqih Rifa’i, M.Kom. 

Aulia Faqih juga menyampaikan ucapan selamat kepada peserta UTBK-SNBT tahun 2024 yang dinyatakan  lulus seleksi Jalur SNBT. Beliau berpesan agar menggunakan kesempatan ini dengan baik, karena peserta yang dinyatakan lulus Seleksi Jalur SNBT tahun 2024 dan telah daftar ulang/registrasi di PTN yang dituju, tidak dapat diterima pada seleksi Jalur Mandiri di PTN manapun.

Beliau menjelaskan, berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta Nomor 101 Tahun 2024 Tanggal 13 Juni 2024 tentang Penetapan Peserta Seleksi Calon Mahasiswa Baru yang diterima pada UTBK-SNBT UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun Akademik 2024/2025 sebanyak 872 orang.

Adapun tahapan prosedur praregistrasi bagi calon mahasiswa baru (camaba) program sarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang diterima melalui jalur SNBT, sebagai berikut :

  1. Peserta yang diterima wajib melakukan pengisian Data Profil secara online melalui laman : http://dataprofil.uin-suka.ac.id pada tanggal 14 - 20 Juni 2024, login menggunakan nomor pendaftaran UTBK-SNBT sebagai username dan tanggal lahir (dengan format: ddmmyyyy) sebagai password. Menyiapkan file scan dokumen asli yang meliputi:

-Slip Gaji kedua orang tua/wali bagi pegawai swasta maupun negeri, (Apabila kedua orang tua bekerja, maka peserta harus mempersiapkan slip gaji/surat keterangan penghasilan untuk keduanya Bapak dan Ibu), Jika tidak memiliki slip gaji harus melampirkan Surat Keterangan Penghasilan  dari RT/RW yang disahkan oleh Kepala Desa/Lurah;

-Kartu Keluarga;

-Rekening listrik bulan terakhir (slip pembelian token) atau surat pernyataan tidak berlangganan listrik ;

-Pajak Bumi dan Bangunan tahun terakhir atau surat keterangan tidak memiliki tanah atau rumah dari kepala desa/lurah;

-Jika memiliki keterbatasan ekonomi dapat melampirkan : Kartu Indonesia Pintar (KIP), Program Keluarga Harapan (PKH), Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK), dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT).

  1. Pengumuman hasil verifikasi dan pengelompokkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) akan diinformasikan melalui laman : https://admisi.uin-suka.ac.id dan https://uin-suka.ac.id  kolom Pengumuman pada tanggal 26 Juni 2024.

  2. Apabila tidak mengisi Data Profil, melakukan kecurangan dalam pengisian formulir dan/atau memalsukan data dukung UKT, maka calon mahasiswa yang bersangkutan ditetapkan sebagai mahasiswa kelompok VII (tujuh) UKT.


“Apabila terjadi kendala dalam proses Pengisian Data Profil dapat menghubungi Kantor Admisi UIN Sunan Kalijaga melalui email admisi@uin-suka.ac.id atau nomor WhatsApp 08172302020 pada hari dan jam kerja. Bagi yang belum lulus jalur SNBT, jangan menyerah dan tetap semangat, ya! Kalian bisa gunakan sertifikat UTBK-SNBT untuk mendaftar PMB UIN Sunan Kalijaga lewat Jalur Mandiri Portofolio Skor UTBK-SNBT sampai dengan tanggal 19 Juli 2024, tanpa perlu tes tertulis,” ujar Aulia.

Informasi lebih lanjut mengenai PMB UIN Sunan Kalijaga bisa diakses melalui https://admisi.uin-suka.ac.id, media sosial @uinsk, atau melalui saluran telegram https://t.me/PMBS1UINSK serta kanal Youtube UIN Sunan Kalijaga.

(Tim Media Admisi)