Tetap Productive in the Weekend Kalijaga Muda


Tetap Productive in the Weekend Kalijaga Muda

Weekend selalu identik dengan liburan dan bersenang-senang. Padahal, bersenang-senang tidak mesti dengan liburan lho. Ada banyak hal yang bisa di lakukan untuk mengisi waktu di saat weekend dengan tetap menjaga produktivitas. Mimin ada beberapa tips nih, khusus buat kakak-kakak Alumni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Bangun pagi
Kebanyakan dari kita pasti malas untuk bangun di pagi hari, khususnya di hari-hari libur. Padahal bangun di pagi hari bukan hanya tentang kerja kerja dan kerja lho. Hawa pagi yang segar akan memberikan stimulus pada otak kita untuk berpikir lebih jernih dan termotivasi untuk bersemangat melakukan hal-hal yang produktif dan bermanfaat. Jadi, gak salah khan kalau tetap bangun pagi meski gak ada jadwal kerja?

Sisihkan waktu untuk olahraga
Karena telah bangun di pagi hari, tidak ada salahnya “mencari keringat” dengan berolahraga. Selain dapat me-refresh otak yang telah 5 hari bekerja dengan letih, olahraga dapat membuat tubuh kita makin bugar, dan tentu menjadi lebih sehat. Maklum, di masa pandemi ini, kesehatan harus benar-benar dijaga, agar imunitas tetap tinggi, dan kemungkinan terpapar covid-19 menjadi rendah. Olahraga tak mesti sesuatu yang berat, cukup dengan lari pagi di komplek rumah, bermain bulu tangkis bersama keluarga, atau bermain bola dengan gawang kecil-kecilan. Quality time dapet. Selain itu, sehat dan menyenangkan bukan?

Dekatkan diri dengan Yang Maha Kuasa
Yang ini penting banget. Waktu libur adalah waktu yang tepat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Jika di waktu kerja, banyak dari kita yang hanya meluangkan waktu 5-10 menit untuk shalat lima waktu dan berdoa. Di hari libur, waktunya kita tingkatkan amal ibadah, misalnya dengan banyak berdzikir, melakukan shalat ba'diyah dan qobliyah, membaca al-Qur’an, dan membaca buku-buku religi untuk memurnikan hati.

Berhenti sejenak dan berpikir
Di saat libur, mungkin saatnya kita berpikir, introspeksi dan evaluasi diri. Telahkah kita menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesama, keluarga, masyarakat sekitar, atau setidaknya untuk diri kita sendiri? Sudahkah kita berfikir positif pada Allah atas apa yang terjadi pada diri kita? Sudahkah kita berbuat lebih baik untuk urusan duniawi dan ukhrawi kita?
 
Nah, tips-tips di atas boleh banget deh untuk kalian coba yang mungkin akan membuat weekend kalian lebih produktif lagi. Tentunya, akan lebih bermanfaat lagi kalau kalian nyebarin informasi PMB S2 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, yang pendaftaran untuk Program Magister (S2) dan Doktor (S3) Gelombang 2 Ganjil telah dibuka hingga 4 Agustus 2020. Ujian seleksinya 13 Agustus 2020, dan Pengumumannya 19 Agustus 2020. Mekanisme seleksinya adalah TEST FROM HOME. cukup di rumah aja, kalian udah bisa mengikuti ujian seleksinya, dan menjadi bagian dari Keluarga SUKA 2020.
Link pendaftaran : https://admisi.uin-suka.ac.id/
Stay Productive in the Weekend!
Admisi