UIN Sunan Kalijaga Masih Membuka Pendaftaran Jalur Mandiri CBT 2 dan Portofolio hingga 28 Agustus 2020


UIN Sunan Kalijaga Masih Membuka Pendaftaran Jalur Mandiri CBT 2 dan Portofolio hingga 28 Agustus 2020

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta baru saja memberikan pengumuman tentang penerimaan Mahasiswa Baru Jalur UM-PTKIN 2020. Pengumuman tersebut dapat diakses melalui website PMB UIN SUKA https://admisi.uin-suka.ac.id, official website UIN SUKA https://uin-suka.ac.id, dan Koran KR (Kedaulatan Rakyat) yang terbit hari ini 25/8/2020. Dengan diumumkannya Calon Mahasiswa Baru yang lulus dari Jalur UM-PTKIN, itu berarti sudah ada 4 (empat) jalur masuk yang telah selesai dilaksanakan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, yaitu SPAN-PTKIN, SNMPTN, SBMTPN-UTBK, dan UM-PTKIN.

Dengan berakhirnya penyelenggaraan 4 (empat) jalur nasional tersebut, maka UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta kali ini tinggal menyisakan Jalur Mandiri saja, yang dibagi ke dalam dua bagian, Jalur Mandiri Portofolio dan Jalur Mandiri CBT 2. Dengan adanya pandemi yang belum pasti kapan akan mereda, para pemangku kebijakan memutuskan banyak kemudahan termasuk di dalamnya yang berkaitan dengan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Kemudahan-kemudahan tersebut dapat dilihat dari penyelenggaran PMB Program Sarjana (S1) Jalur Mandiri yang dilakukan secara online mulai dari pendaftaran, ujian seleksi, sampai pengumuman kelulusan. Jalur Mandiri yang dimaksud adalah Portofolio dan CBT 2. Portofolio dapat diikuti dengan menggunakan nilai SBMPTN-UTBK atau UMPTKIN 2020 yang dimiliki calon mahasiswa baru. Sedangkan CBT 2 dilakukan dengan mekanisme ujian secara online #darirumahsaja dengan cara men-download aplikasi ‘CBT UIN SUKA’ dari Playstore di gawai Android.

Setelah melakukan pembayaran via ATM, Teller, atau Mobile/Internet Banking Mandiri atau BNI, peserta diharapkan mengisi formulir online melalui laman http://admisi.uin-suka.ac.id. Bagi pendaftar Jalur Mandiri Portofolio dengan menggunakan nilai UTBK 2020, dimohon untuk meng-input-kan nilai rata-rata dan upload sertifikat UTBK. Dengan nilai UMPTKIN, peserta dimohon untuk meng-input-kan nomor PMB dan upload Kartu Peserta UMPTKIN. Khusus untuk calon difabel mahasiswa, dimohon untuk melakukan upload karya tulis ilmiah. Lulus/tidaknya calon mahasiswa baru akan diumumkan pada tanggal 9 September 2020. Meski diumumkan pada tanggal yang sama, untuk Jalur Mandiri CBT 2, para peserta harus melakukan tes secara online pada tanggal 30 Agustus – 4 September 2020.