UIN SUKA Menawarkan Jalur Reguler dan Kerjasama di PMB Program Doktor (S3)


UIN SUKA Menawarkan Jalur Reguler dan Kerjasama di PMB Program Doktor (S3)

Dimulai sejak 25 Agustus 2020, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta membuka pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Program Magister (S2) dan Doktor (S3) Gelombang 1 Genap yang akan berakhir pada tanggal 5 Oktober 2020. Berbeda dengan Program Magister yang menawarkan tiga jalur seleksi, yaitu Computer Based-Test, Non-Test, dan Portofolio, PMB Program Doktor menawarkan dua jalur seleksi, yaitu Reguler dan Kerjasama. Seleksi Reguler akan dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober 2020 dan diumumkan pada tanggal 20 Oktober 2020. Seleksi Reguler ini akan dilaksanakan dengan tes berupa wawancara yang meliputi presentasi proposal rencana disertasi dan kemampuan bahasa asing (Inggris dan Arab). Sementara itu, Seleksi Kerjasama dilaksanakan berdasarkan perjanjian kerjasama dengan lembaga/instansi mitra. Jadwal pendaftaran, seleksi, persyaratan, dan materi seleksi untuk jalur Kerjasama ini ditetapkan berdasarkan kesepakatan dengan Lembaga/instansi terkait.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi pendaftar PMB Doktor antara lain: (1) lulus jenjang S2 dengan IPK minimun 3,00 atau yudisium baik; (2) ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir; (3) memiliki dokumen yang meliputi rekomendasi dari dua orang (guru besar/doktor), statement of purpose, curriculum vitae, proposal penelitian disertasi (maksimum 25 halaman), minimal 2 bukti karya ilmiah yang pernah ditulis, dan TOEFL dengan skor 500 atau IELTS dengan skor 6 atau TOAFL dengan skor 480. Bagi yang belum memenuhi persyaratan keterampilan bahasa ini, pendaftar dapat membuat surat pernyataan kesanggupan memenuhi persyaratan tersebut.

Untuk melakukan pendaftaran PMB Program Doktor ini, pendaftar cukup membayar biaya seleksi PMB Mandiri S3 Reguler sebesar Rp750.000,- dengan kode bayar 916 diikuti dengan tanggal lahir peserta dengan format ddmmyyyy. Khusus untuk S3 Internasional, pembayaran dilakukan sebesar Rp1.000.000,- dengan kode bayar 918. Setelah itu, pendaftar diminta untuk mengisi data diri dan upload dokumen pada sistem pendaftaran online di website https://admisi.uin-suka.ac.id. Setelah membayar dan melakukan pengisian borang online, pendaftar diharuskan mengikuti seleksi wawancara online dan mencetak kartu ujian serta berkas dokumen yang telah di-upload. Pertanyaan-pertanyaan dapat diajukan melalui WA: +62 817-2302-020 dan email: admisi@uin.suka.ac.id. Jangan lupa juga untuk mengikuti akun media sosial resmi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta @uinsk di Instagram, Twitter, dan Facebook. UIN Sunan Kalijaga untuk Bangsa. UIN Sunan Kalijaga Mendunia.