Kesempatan Terbaik Masuk UIN Sunan Kalijaga Lewat Jalur Mandiri CBT dan Portofolio


Kesempatan Terbaik Masuk UIN Sunan Kalijaga Lewat Jalur Mandiri CBT dan Portofolio

Yogya, jalur mandiri CBT (Computer Based Test) gelombang 2 UIN Sunan Kalijaga sudah dibuka sejak 24 Mei 2021 dan pendaftaran akan ditutup pada 24 Juni 2021. Pada jalur mandiri ini UIN Sunan Kalijaga menetapkan kuota sebesar 30% untuk kelompok program studi sains dan ilmu sosial humaniora. Jalur mandiri sendiri terbagi dalam cluster CBT 1, CBT 2, Portofolio dan Prestasi. Saat ini masih dibuka kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mendaftar selain jalur CBT 2 juga jalur Portofolio yang dibuka mulai 14-24 Juni 2021.

Ujian seleksi CBT 2 dilaksanakan secara daring di rumah masing-masing dengan menggunakan aplikasi yang dapat diunduh di playstore untuk sistem operasi Android dengan nama Ujian CBT UIN Suka. Sistem ini untuk mempermudah calon mahasiswa mengikuti seleksi ditengah situasi pandemi Covid-19. Ketua Admisi Aulia Faqih mengatakan “jalur mandiri CBT ini kesempatan terbaik bagi adik-adik yang ingin melanjutkan pendidikan di UIN Sunan Kalijaga, selain tes yang kompetitif juga sangat mudah diikuti karena ujian cukup dirumah saja, cukup didepan komputer atau HP masing-masing tanpa harus datang ke lokasi ujian”.

Untuk dapat mengikuti seleksi calon mahasiswa terlebih melakukan pembayaran sebesar Rp. 300.000 (tiga ratus ribu rupiah) melalui Bank Mandiri diseluruh Indonesia dengan kode CBT 985 untuk kelompok IPA, dan CBT 986 untuk kelompk IPS diikuti tanggal lahir secara lengkap (ddmmyyyy) contoh: 98529092003. Selanjutnya peserta dapat login menggunakan user ID yang tertera dalam slip pembayaran. Peserta seleksi CBT dapat memilih 2 (dua) pilihan program studi yang diminati. Peserta dari jurusan sekolah IPA/Teknik dapat memilih program studi kelompok sains dan isoshum, sedangkan jurusan sekolah non IPA/Teknik hanya dapat memilih program studi kelompok isoshum. 

Materi tes yang diujikan meliputi Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Dirasah Islamiyah (DI) yang terdiri atas Al-Qur’an dan Hadis, Sejarah Kebudayaan Islam, Tauhid, Akhlak dan Fikih. Selanjutnya Tes Bahasa terdiri dari Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, Tes Kemampuan Dasar (TKD) IPA terdiri atas Matematika, Kimia, Biologi dan Fisika. Sedangkan untuk kelompok IPS terdapat Tes Kemampuan Dasar (TKD) IPS terdiri atas Sosiologi, Sejarah, Geografi dan Ekonomi.

Persyaratan jalur mandiri CBT 2 bagi calon mahasiswa lulus dari satuan pendidikan SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu’adalah atau peserta didik paket C yang setara tahun 2021, 2020, 2019 dan 2018. Memiliki ijazah, atau minimal Surat Keterangan Lulus (lulusan tahun 2021). Memiliki nilai rapor bahasa Arab minimal 7 (tujuh) khusus untuk pilihan program studi Bahasa Arab dan Sastra Arab dan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Memiliki nilai rapor bahasa Inggris minimal 7 (tujuh) khusus pilihan Program Studi Sastra Inggris.

Jalur Portofolio sendiri merupakan seleksi bagi calon mahasiswa untuk masuk ke UIN Sunan Kalijaga tanpa tes hanya dengan nilai UTBK atau nilai UM-PTKIN tahun 2021. Jalur portofolio juga dibuka untuk calon mahasiswa dari luar negeri yang lulus setara dengan pendidikan menengah dan untuk calon mahasiswa difabel. Calon mahasiswa dapat mendaftar pada jalur ini dengan melakukan pembayaran sebesar Rp. 250.000 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) dengan kode 988 untuk mahasisa asing, 910 untuk skor UTBK, 911 untuk skor UMPTKIN dan diikuti tanggal, bulan dan tahun lahir. Untuk mahasiswa asing terlebih dahulu dapat menghubungi International Office (CDCIA) UIN Sunan Kalijaga di www.io.uin-suka.ac.id sedangkan untuk calon mahasiswa difabel dapat menghubungi Pusat Layanan Difabel (PLD) UIN Sunan Kalijaga di www.pld.uin-suka.ac.id. “jalur portofolio ini dipersilahkan untuk adik-adik yang ingin masuk UIN tanpa tes, cukup dengan nilai UTBK dan UMPTKIN tahun 2021 saja, jangan sampai terlewat kesempatan ini” imbuh Aulia.

Untuk mempermudah layanan bagi calon mahasiswa, Admisi UIN Sunan Kalijaga membuka kanal informasi di website www.admisi.uin-suka.ac.id, media sosial Instagram @uinsk dan layanan chat dengan admin melalui whatsapp di nomor 08172302020 dan telepon (0274) 558254. 

(Admisi-Media)