UIN Sunan Kalijaga Membuka Jalur Keberagaman dan 3T


UIN Sunan Kalijaga Membuka Jalur Keberagaman dan 3T

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melaunching Jalur Keberagaman dan 3T pada tanggal 01 Maret 2022. Pada Masa Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun ini, UIN Sunan Kalijaga membuka jalur khusus bagi pemeluk seluruh agama dan siswa di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar). Jalur masuk yang termasuk dalam kategori jalur Mandiri Portofolio akan mulai dibuka pendaftarannya pada tanggal 18 Maret sampai 05 Juli 2022.


Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Phil. Al Makin, MA menjelaskan “jalur ini sebagai langkah nyata UIN Sunan Kalijaga dalam menjaga keberagaman dan kebhinekaan bangsa ini ditengah-tengah banyaknya perbedaan”. Al Makin menambahkan sebagai kampus dengan sejarah panjang pengusung nilai-nilai keberagaman dan garda depan dialog antar etnis, dialog antar budaya, antar agama “UIN Sunan Kalijaga memiliki kewajiban untuk menjaga dan merawat perbedaan itu sebagai sebuah rahmat yang harus disyukuri dan menjadikannya kekuatan untuk kemajuan bangsa”.


Acara yang disiarkan langsung secara daring di kanal youtube UIN Sunan Kalijaga dan live instagram di @uinsk menghadirkan dua narasumber dari Admisi UIN Sunan Kalijaga. Narasumber yang pertama, yakni Ibu Ni Kadek Pujiani Dewi Dosen UIN Sunan Kalijaga yang beragama Hindu yang menyampaikan dialognya dalam perspektif multikultural dan perbedaan agama di lingkungan UIN Sunan Kalijaga. Kemudian narasumber yang kedua, Bapak Aris Risdiana Dosen sekaligus Sekertaris Admisi UIN Sunan Kalijaga yang menyampaikan dialognya dalam perspektif peluang dan tantangan Jalur Keberagaman dan 3T bagi UIN Sunan Kalijaga sendiri.


Pada saat launching, diputar video konference Jalur Keberagaman dan 3T dari Rektor UIN Sunan Kalijaga, Bhikkhu Sri Pannyavaro Mahathera mewakili Tokoh Agama Budha dan Suster Ambrosia Maria Magga sebagai mahasiswa UIN Sunan Kalijaga yang beragama Katolik.


Tahapan seleksi selanjutnya setelah pendaftaran pada jalur ini akan ada verifikasi berkas yang akan dilaksanakan pada tanggal 11 - 16 Juli 2022 dan kemudian bagi yang lolos seleksi masuk pada jalur ini akan diumumkan pada tanggal 25 Juli 2022. Dihubungi terpisah, Aulia Faqih selaku Ketua Admisi mengatakan “jalur ini dibuka bagi seluruh anak Indonesia yang memenuhi syarat dan UIN Sunan Kalijaga yang pertama di seluruh PTKIN se-Indonesia yang memiliki jalur ini”. Selain itu Aulia menambahkan bahwa Admisi siap melayani dan memberikan informasi terkait PMB bagi masyarakat selama 24 jam melalui whatsapp di nomor 0817-2302-020, tersedia informasi lengkap di laman admisi.uin-suka.ac.id dan memantau informasinya di media sosial instagram @uinsk atau telpon ke nomor 0274 558254.


Tim Media Admisi