Selamat Bergabung Kalijaga Muda Jalur CBT 1


Selamat Bergabung Kalijaga Muda Jalur CBT 1

Selamat Bergabung Kalijaga Muda Jalur CBT 1


Hasil seleksi Computer Based Test (CBT) gelombang pertama telah diumumkan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sebanyak 216 pendaftar dinyatakan lulus pada seleksi ini. Peserta yang mendaftar mengikuti tes pada tanggal 5-8 April 2022. Jalur CBT 1 ini termasuk dalam Jalur Mandiri yang seleksinya diselenggarakan oleh kampus dengan empat kriteria soal yakni soal Dirasah Islamiyah (SKI, Akidah Akhlak, Fiqih, Al-Qur’an-Hadist dan Tauhid) sebanyak 20 soal, Tes Potensi Akademik (TPA) sebanyak 25 soal, Tes Kemampuan Dasar (pilihan IPA dan IPS) sebanyak 20 soal, Tes Bahasa (Arab dan Inggris) sebanyak 20 soal dengan masing-masing 10 soal. Total soal yang harus dikerjakan sebanyak 95 soal dengan durasi pengerjaan 90 menit.


Pendaftar pada Jalur CBT 1 ini dapat memilih satu dari 41 prodi yang ditawarkan di UIN Sunan Kalijaga. Setelah peserta dinyatakan lulus tes, maka akan dilakukan tahapan selanjutnya. Ir. Aulia Faqih sebagai ketua Admisi UIN Sunan Kalijaga menghimbau agar peserta yang sudah dinyatakan lolos dapat melakukan tahapan selanjutnya dengan ketentuan:

A.  Peserta yang diterima wajib melakukan pengisian data profil mahasiswa secara online melalui laman: http://dataprofil.uin-suka.ac.id/ pada tanggal 18 April – 27 April 2022, login menggunakan nomor pendaftaran Mandiri CBT 1 sebagai  username dan tanggal lahir (dengan format: ddmmyyyy) sebagai password menyiapkan file scan dokumen asli yang meliputi:

  1. Rapor semester I-V atau I-VII;

  2. Slip Gaji kedua orang tua/wali bagi pegawai swasta maupun negeri atau Surat Keterangan Penghasilan  dari RT/RW yang disahkan oleh Kepala Desa/Lurah bagi yang tidak memiliki slip gaji;*

  3. Kartu Keluarga;

  4. Rekening listrik bulan terakhir (slip pembelian token) atau surat pernyataan tidak berlangganan listrik ;

  5. Pajak Bumi dan Bangunan tahun terakhir atau surat keterangan tidak memiliki tanah atau rumah dari kepala desa/lurah;

  6. Surat Keterangan Tidak Mampu/Kartu Menuju Sejahtera/Program Keluarga Harapan (jika ada).

*  Apabila kedua orang tua bekerja, maka peserta harus mempersiapkan file scan slip gaji/surat keterangan penghasilan untuk keduanya (Bapak dan Ibu).

B.  Pengumuman hasil verifikasi dan pengelompokan Uang Kuliah Tunggal (UKT) akan diinformasikan melalui laman: https://admisi.uin-suka.ac.id/ dan https://uin-suka.ac.id/ kolom pengumuman pada tanggal 20 Mei 2022.

Aulia menambahkan apabila tidak mengisi Data Profil Mahasiswa pada tanggal 18 April – 27 April 2022, maka calon mahasiswa yang bersangkutan ditetapkan sebagai mahasiswa kelompok 7 (tujuh) UKT. “Calon mahasiswa yang terbukti melakukan kecurangan dalam pengisian formulir dan/atau memalsukan data dukung UKT, dikenakan sanksi berupa penetapan UKT pada kelompok 7 (tujuh) dan tidak ada dispensasi dalam bentuk apapun” imbuhnya.

Sejalan dengan Ketua Admisi, Aris Risdiana selaku Sekretaris Admisi UIN Sunan Kalijaga mengajak untuk para calon Kalijaga Muda yang belum lolos untuk kembali mencoba mendaftar melalui jalur yang masih tersedia, “Masih ada jalur yang bisa ditempuh diantaranya Jalur CBT 2, Jalur Prestasi, Jalur UM-PTKIN, Jalur Portofolio maupun bagi adik-adik non muslim dan yang muslim tapi di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar) bisa melalui Jalur Keberagaman”. Aris mengatakan terutama untuk jalur CBT 2 yang masih terbuka pendaftarannya mulai tanggal 28 April sampai 5 Juli 2022 untuk dicoba. “Persiapkan diri anda jika mau mengikuti jalur tes CBT 2, silahkan disiapkan dan mulai banyak berlatih soal-soal yang diujikan” tambahnya. Tes CBT dilakukan dari rumah dengan menggunakan aplikasi CBT yang dapat diunduh di playstore untuk OS Android.

Kantor Admisi membuka pelayanan informasi penerimaan mahasiswa baru di nomor (0274) 558254, peserta juga bisa menghubungi via Whatsapp di nomor 0817-2302-020, selalu memantau informasi di media sosial resmi UIN Sunan Kalijaga, Instagram @uinsk, Facebook : UIN Sunan Kalijaga, Twitter @uinsk dan laman resmi admisi.uin-suka.ac.id.


Tim Media Admisi