Kisi-Kisi Soal dan Cara Tes CBT 2


Kisi-Kisi Soal dan Cara Tes CBT 2

    Kisi-Kisi Soal dan Cara Tes CBT 2

Yogyakarta, Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru tahun 2022 masih dibuka, salah satunya jalur Mandiri Computer Based Test (CBT) Gelombang 2 sampai tanggal 5 Juli 2022. Jalur masuk melalui tes ini akan mulai ujian pada tanggal 11-16 Juli 2022. Lalu apa saja soal yang akan diujikan dan bagaimana kisi-kisinya? Yuk Admin Media Admisi mau beri bocoran soal-soal yang akan diujikan, simak ya…

Terdapat 85 soal yang akan diujikan dalam waktu 90 menit pengerjaan. Pembagian soal meliputi kelompok program studi Soshum dan Saintek. Kelompok Prodi Soshum soal-soal yang akan diujikan meliputi: 

  • Bahasa Arab dan Bahasa Inggris sebanyak 20 soal.

  • Dirasah Islamiyah (kajian Islam) sebanyak 20 soal.

  • Tes Kemampuan Dasar (TKD) IPS sebanyak 20 soal.

  • Tes Potensi Akademik (TPA) sebanyak 25 soal.

Kelompok Prodi Sains dan Teknologi soal-soal yang akan diujikan meliputi:     

  • Bahasa Arab dan Bahasa Inggris sebanyak 20 soal.

  • Dirasah Islamiyah (kajian Islam) sebanyak 20 soal.

  • Tes Kemampuan Dasar (TKD) IPA sebanyak 20 soal.

  • Tes Potensi Akademik (TPA) sebanyak 25 soal.

Cara mengerjakan soal ikuti langkah-langkah berikut ini, yaitu:

Pertama, pastikan kamu sudah mendaftar di laman admisi.uin-suka.ac.id dan mendapatkan kartu ujian yang tertera tanggal dan waktu ujian.

Kedua, unduh aplikasi CBT UIN SUKA di Playstore, aplikasi hanya tersedia khusus untuk handphone Android.

Ketiga, login dengan Username/ID dan Password/PIN yang dimiliki saat pendaftaran online di laman admisi.uin-suka.ac.id

Keempat, mulai mengerjakan soal dengan menekan tombol {mulai} pada sesi yang sedang berlangsung dan secara otomatis waktu akan berjalan. Ketika sesi berakhir maka akan memulai pada sesi selanjutnya sesuai kelompok soal (Bahasa, Dirasah Islamiyah, TKD, dan TPA) secara bergantian.

Selama ujian berlangsung, peserta ujian akan diawasi oleh pengawas yang secara berkala akan mengambil gambar dan suara saat pengerjaan soal, hal ini agar menghindari kecurangan dan pelanggaran selama ujian.

Apabila peserta ujian melakukan kecurangan dan pelanggaran maka pengawas akan memberikan teguran agar menjadi perhatian. Namun, apabila kecurangan yang dilakukan sangat fatal maka pengawas akan memberhentikan sesi ujian dan peserta ujian dianggap gagal (diskualifikasi).

Jika semua sesi telah selesai dikerjakan, maka akan muncul tombol {akhiri sesi} dan kamu telah selesai mengerjakan seluruh soal yang diujikan. Kamu boleh logout atau keluar dari aplikasi ujian. Jangan lupa berdo’a dan memohon ijin pada orang tua sebelum mengerjakan. Kantor Admisi membuka pelayanan informasi penerimaan mahasiswa baru di nomor (0274) 558254, peserta juga bisa menghubungi via Whatsapp di nomor 0817-2302-020, selalu memantau informasi di media sosial resmi UIN Sunan Kalijaga, Instagram @uinsk, Facebook : UIN Sunan Kalijaga, Twitter @uinsk dan laman resmi admisi.uin-suka.ac.id.

Tim Media Admisi