H-1 Jalur Portofolio Keberagaman dan Jalur Prestasi UIN Sunan Kalijaga, Ayo, Segera Daftar!


Jalur Portofolio Keberagaman dan Jalur Prestasi Ditutup Tanggal 9 Juni 2023

Setelah sukses diluncurkan pertama kalinya Jalur Mandiri Portofolio Keberagaman & 3T pada tahun 2022 lalu, tahun ini UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta membuka kembali jalur yang ditujukan untuk calon mahasiswa non muslim, tidak memandang suku, agama, ras, dan golongan, serta untuk calon mahasiswa yang berasal dari daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T). Jalur ini sebagai langkah nyata kampus dalam menjaga keberagaman dan kebhinekaan bangsa di tengah banyaknya perbedaan. Kampus UIN Sunan Kalijaga dengan sejarah panjang yang sejak dulu berkomitmen pada nilai – nilai keberagaman.

 

Dosen Prodi Teknik Industri yang juga merupakan Tim Finance Admisi UIN Sunan Kalijaga, Ni Kadek Pujiani Dewi, memberi kesaksian bahwa di kampus UIN Sunan Kalijaga tidak ada diskriminasi. Ni Kadek yang beragama Hindu sangat senang mengajar mahasiswa dengan berbagai latar belakang yang berbeda suku, budaya, dan agama.

 

“Saya tetap bisa bekerja dengan nyaman dan diterima baik oleh teman-teman baik Dosen maupun Tendik,” ujarnya.

 

Begitu pula, kesan yang didapat oleh seorang mahasiswa yang beragama Katolik, Suster Ambrosia Maria Mangga. Ia merasakan suasana keberagaman, namun tetap harmonis di kampusnya.

 

“Saya seorang biarawati, tidak pernah mendengar bahkan mengenal kampus UIN Sunan Kalijaga sebelumnya. Entah kenapa akhirnya saya tertarik kuliah di UIN Sunan Kalijaga mengambil Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya. Saat itu, sempat terbersit di benak saya, apakah saya mampu, sanggup atau bisa? Tapi kata-kata itu akhirnya memantapkan hati  bahwa kita satu, kita toleransi, kita solidaritas. Dari kata tersebut akhirnya saya masuk dan hidup dalam keluarga besar UIN Sunan Kalijaga yang ikut membentuk saya menjadi pribadi yang profesional, tangguh, dan berani berdiri sendiri dalam payung UIN Sunan Kalijaga yang kokoh untuk merajut cita-cita,” kata Suster Ambrosia saat dihubungi melalui WhatsApp (06/05/23).

 

Menurutnya, UIN Sunan Kalijaga merupakan rumah pendidikan yang menjadi salah satu simbol hadirnya keberagaman. Mahasiswa yang menempuh pendidikan di kampus UIN Sunan Kalijaga berasal dari latar belakang yang berbeda. Tumbuh dan bergaul dalam budaya yang berbeda pula tanpa sekat. Perbedaan inilah yang menjadikan kampus UIN Sunan Kalijaga sebagai tempat merajut kebhinekaan, dan mempererat persatuan serta kesatuan bangsa.

 

“Perbedaan keyakinan tidak menjadi alasan untuk saya. Justru saya dan teman-teman yang lain merangkul perbedaan itu sebagai suatu keindahan yang Tuhan titipkan untuk saya. Saya mengapresiasi terhadap ekosistem akademik kampus ini. Karena itu, saya mengajak kaum muda yang telah lulus SMA sederajat, dan para camaba yang beragama non muslim serta dari daerah 3T untuk mendaftar PMB melalui Jalur Mandiri Portofolio Keberagaman & 3T. Keberagaman Indonesia adalah warna kebanggaan bangsa. Mari, lebih baik di sini, di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,” ajaknya.

 

Sementara, Ni Kadek menambahkan bahwa UIN Sunan Kalijaga merupakan PTKIN yang pertama kali membuka Jalur Mandiri Portofolio Keberagaman dan 3T. Pendaftaran akan ditutup sampai dengan hari Jumat, 9 Juni 2023 pukul 23.59 WIB.

 

“Kami berterima kasih atas antusias yang luar biasa dari calon mahasiswa baru (camaba) yang ingin mendaftar melalui Jalur Mandiri Portofolio Keberagaman dan 3T. Kami memberikan kesempatan bagi camaba untuk memperpanjang waktu pendaftaran dari jadwal yang seharusnya hanya sampai tanggal 5 Juni 2023. Sekarang sudah H-1 menuju penutupan pendaftaran Jalur Keberagaman dan Jalur Prestasi. Ayo, segera daftar di UIN Sunan Kalijaga!” ajak Ni Kadek.

 

Adapun persyaratan Jalur Portofolio Keberagaman dan 3T, sebagai berikut:

1.      Lulusan SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu’adalah atau yang sederajat;

2.      KTP Non Muslim atau KTP domisili 3T bagi yang berasal dari daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar;

3.      Mengupload surat rekomendasi pimpinan organisasi keagamaan/masyarakat;

4.      Mengupload esai bertema Keberagaman;

5.      Mengupload statement of purpose;

6.      Mengisi formulir pendaftaran hingga cetak kartu peserta melalui laman admisi.uin-suka.ac.id setelah melakukan pembayaran.

 

Jadwal ini juga bersamaan dengan pendaftaran Jalur Mandiri Prestasi, yang ditujukan untuk camaba yang memiliki prestasi kejuaraan individu di bidang seni, olahraga, keagamaan atau hafalan al-Qur’an minimal 26 juz.

 

“Camaba hanya melampirkan ijazah sekolah dan sertifikat juara 1-3 tingkat nasional yang dikeluarkan oleh Kementerian/Lembaga Negara Republik Indonesia atau sertifikat tahfiz  selama di bangku SMA/sederajat,” lanjut Kadek.

 

Sebelum mengisi formulir online di laman website admisi, camaba wajib melakukan pembayaran pendaftaran melalui Teller Bank Mandiri, ATM Mandiri, Internet Banking Mandiri dan Livin’ by Mandiri. Kode bayar untuk Jalur Portofolio Keberagaman & 3T adalah 912 diikuti tanggal lahir. Untuk Jalur Prestasi adalah 981 diikuti tanggal lahir.  

 

“Baik Jalur Keberagaman & 3T serta Jalur Prestasi, camaba akan dihubungi oleh verifikator untuk seleksi wawancara online sesuai dengan jadwal yang tertera di kartu peserta. Jika masih ada kendala atau pertanyaan, silakan menghubungi kami lewat nomor telepon 0274-558254 atau chat WhatsApp 081-7230-2020,” ujar Kadek.  


(Tim Media Admisi)