Ini 24 Prodi Keagamaan di UIN Sunan Kalijaga yang Bisa Dipilih Melalui Jalur SPAN-UM PTKIN


Ini 24 Prodi Keagamaan di UIN Sunan Kalijaga yang Bisa Dipilih Melalui Jalur SPAN-UM PTKIN

Setelah Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas secara resmi merilis Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Seleksi Prestasi Akademik Nasional dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Kegamaan Islam Negeri (SPAN-UM PTKIN) di Surabaya, Jumat (20/01/23) kemarin, sebanyak 59 Perguruan Tinggi Kegamaan Islam Negeri (PTKIN) seluruh Indonesia termasuk UIN Sunan Kalijaga, secara serentak membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk jalur SPAN PTKIN tahun akademik 2023. SPAN-PTKIN adalah seleksi mahasiswa baru PTKIN berdasarkan prestasi akademik dari siswa sekolah/madrasah/pesantren yang akan lulus pada tahun 2023 menggunakan nilai rapor dan prestasi lainnya yang berupa portofolio, tanpa ujian tertulis. Sedangkan UM-PTKIN adalah seleksi calon mahasiswa baru PTKIN melalui tes yang dilaksanakan di PTKIN yang dipilih.

 

Pada jalur SPAN-PTKIN, para siswa tidak perlu merogoh kocek untuk melakukan biaya pendaftaran, karena sudah ditanggung oleh pemerintah. Sebelum para siswa mendaftar di jalur SPAN-PTKIN, pihak sekolah terlebih dahulu melakukan pendaftaran secara online pada tanggal 17 Januari – 13 Februari 2023. Kemudian, pendaftaran oleh siswa pada tanggal 16 Februari – 4 Maret 2023. Adapun hasil seleksi akan diumumkan pada 3 April 2023.  Seluruh proses pendaftaran dan pengumuman dilakukan secara online melalui aplikasi Pusaka Kemenag yang bisa diunduh di Play Store (Android) dan App Store (iOS) atau laman laman https://span.ptkin.ac.id.

 

Bagi siswa lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023 bisa mengikuti PMB Jalur UM-PTKIN dengan dikenakan biaya pendaftaran. Pendaftaran dilakukan pada tanggal 10 April – 15 Mei 2023. Ujian pada tanggal 29 Mei – 8 Juni 2023 dan pengumuman hasil ujian pada 23 Juni 2023.

 

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Prof. Dr. H. Iswandi Syahputra, S.Ag., M.Si. mengaku optimis bahwa UIN Sunan Kalijaga sebagai PTKIN pertama yang terakreditasi Unggul, seperti tahun sebelumnya, akan menjadi PTKIN dengan pendaftar tertinggi. Dengan demikian, kampus UIN Sunan Kalijaga menjadi kampus paling berdaya saing tinggi di antara PTKIN lainnya.

 

Baca Juga : Peluncuran SPAN-UM PTKIN, Pesan Menag: Jangan Koruptif!


“Kami sudah siapkan kursi terbaik untuk generasi penerus bangsa. Karena kuliah di PTKIN akan menjadikan pengalaman belajar yang memadukan pendalaman ilmu pengetahuan dengan landasan nilai keislaman untuk membentuk karakter yang berintegritas, serta didukung dengan lingkungan pembelajaran yang kondusif untuk mengembangkan potensi mahasiswa,” ujarnya.

 

Lebih lanjut, beliau mengatakan bahwa UIN Sunan Kalijaga pada jalur SPAN-UM PTKIN  membuka 24 Prodi Keagamaan yang bisa dipilih dari masing-masing fakultas, sebagai berikut:

  1. Fakultas Adab dan Ilmu Budaya

-       Prodi Bahasa dan Sastra Arab (Akreditasi A)

-       Prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam (Akreditasi A)

  1. Fakultas Dakwah dan Komunikasi

-       Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (Akreditasi A)

-       Prodi Bimbingan dan Konseling Islam (Akreditasi A)

-       Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (Akreditasi A)

-       Prodi Manajemen Dakwah (Akreditasi A)

  1. Fakultas Syariah dan Hukum

-       Prodi Hukum Keluarga Islam (Akreditasi A)

-       Prodi Perbandingan Mazhab (Akreditasi A)

-       Prodi Hukum Tata Negara (Akreditasi A)

-       Prodi Hukum Ekonomi Syariah (Akreditasi A)

  1. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

-       Prodi Pendidikan Agama Islam (Akreditasi A, Sertifikasi AUN-QA)

-       Prodi Pendidikan Bahasa Arab (Akreditasi A)

-       Prodi Manajemen Pendidikan Islam (Akreditasi A)

-       Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (Akreditasi A, Sertifikasi AUN-QA)

-       Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Akreditasi A)

  1. Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam

-       Prodi Aqidah dan Filsafat Islam (Akreditasi A, Sertifikasi AUN-QA)

-       Prodi Studi Agama-Agama (Akreditasi A)

-       Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (Akreditasi A, Sertifikasi AUN-QA)

-       Prodi Sosiologi Agama (Akreditasi A)

-       Prodi Ilmu Hadis (Akreditasi Unggul)

  1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

-       Prodi Ekonomi Syariah (Akreditasi A)

-       Prodi Perbankan Syariah (Akreditasi A)

-       Prodi Manajemen Keuangan Syariah (Akreditasi A)

-       Prodi Akuntansi Syariah (Akreditasi Baik Sekali)


Bagi sekolah dan siswa yang ingin melihat ketentuan teknis pendaftaran dapat mengunjungi laman resmi panitia pada website https://ptkin.ac.id atau menghubungi helpdesk di nomor WhatsApp 0815-7890-1020. Selain itu, layanan informasi PMB UIN Sunan Kalijaga bisa diakses melalui admisi.uin-suka.ac.id, aplikasi WhatsApp Admisi dengan nomor 0817-2302-020, media sosial @uinsk, atau melalui kanal Youtube UIN Sunan Kalijaga.

(Tim Media Admisi)


Baca Juga : Mau Daftar SNBP dan SNBT 2023? Simak Jadwal dan Pilihan Prodi di UIN Sunan Kalijaga