Sosialisasikan Jalur Keberagaman dan 3 T, UIN Sunan Kalijaga Kunjungi Kanwil Kemenag Bali dan UHN I Gusti Bagus Sugriwa


Tim Sospro Kunjungi Bali, Sosialisasikan Jalur Keberagaman dan 3 T

Pada tahun 2023, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melalui salah satu unitnya, yakni Admisi yang menangani Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) berinisiasi untuk melakukan kunjungan ke beberapa wilayah di Indonesia dalam rangka Sosialisasi dan Promosi (Sospro) Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Jenjang Sarjana (S1) Jalur Mandiri Portofolio Keberagaman dan 3T. Pada kunjungan pertama Tim Admisi UIN Sunan Kalijaga dan perwakilan dari program studi (prodi) berkesempatan mengunjungi  Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali dan Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar Bali pada hari Selasa sampai dengan Jumat, 9-12 Mei 2023. 


Tim yang digawangi oleh Ketua Program Studi Magister (S2) Sejarah Peradaban Islam Dr. Syamsul Arifin, S.Ag. M.Ag., Ketua Prodi Magister (S2) Ilmu Al Quran dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Dr. Saifuddin Zuhri, S.Th.I., MA., Ketua Prodi Magister (S2) Informatika Fakultas Sains dan Teknologi Dr. Ir. Bambang Sugiantoro, S.Si., M.T., IPM., Ni Kadek Pujiani Dewi, M.ERG. (Admisi), dan Ulfa Septi Muslimah, S.Kom. (Admisi) pada kunjungan pertama hari Rabu, 10 Mei 2023 di Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Bali, diterima dengan hangat oleh Kepala Kanwil (Kakanwil) Kemenag Dr. Komang Sri Marheni, S.Ag., M.Si. didampingi Kepala Bidang Pendidikan Pendidikan Islam Mahmudi, S.Ag., M.A., dan Rustiani selaku Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda, serta dihadiri oleh Guru Bimbingan dan Konseling (BK) SMA/MA/Sederajat Provinsi Bali.


Kakanwil Kemenag, Komang Sri Marheni memberikan apresiasi dan mengucapkan selamat kepada UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta karena telah membuka jalur masuk baru yaitu Jalur Mandiri Portofolio Keberagaman dan 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar). Menurutnya, melalui jalur tersebut menunjukkan eksistensi UIN Sunan Kalijaga dalam dunia pendidikan, dengan tangan terbuka menerima peserta didik agama selain Islam, tidak memandang suku, agama, ras, dan golongan. Selain itu, memberikan kesempatan juga bagi mereka yang berasal dari daerah 3T.  Pembukaan jalur tersebut merupakan momentum yang tepat di tahun ini, karena tahun 2023 telah dicanangkan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sebagai Tahun Kerukunan.


Baca Juga : Sosialisasi SPAN UM-PTKIN, Admisi UIN Sunan Kalijaga Undang Guru BK se-DIY


Dr. Syamsul Arifin, S.Ag. M.Ag. dalam sambutannya mewakili Rektor UIN Sunan Kalijaga dan selaku Ketua Tim Kunjungan menyampaikan bahwa jalur Portofolio Keberagaman dan 3T sebagai langkah nyata kampus dalam menjaga keberagaman dan kebhinekaan bangsa di tengah banyaknya perbedaan. Kampus UIN Sunan Kalijaga dengan sejarah panjang yang sejak dulu berkomitmen pada nilai - nilai keberagaman.


Acara dilanjutkan pemaparan materi oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs) Generasi Emas Denpasar M. Rangga Ismanto, S.Pd. yang menjelaskan tentang keberagaman masyarakat Bali khususnya di MTs Generasi Emas yang merupakan Madrasah dibawah Kementerian Agama yang inklusif, ramah dengan anak berkebutuhan khusus. Tak ketinggalan, Dr. Saifuddin Zuhri, S.Th.I., MA. dan Dr. Ir. Bambang Sugiantoro, S.Si., M.T., IPM juga menyampaikan  materi  Jalur Portofolio Keberagaman.


Pada hari berikutnya, Kamis (11/05/23), Tim Sospro mengunjungi Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Bali dan diterima oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Drs. Ida Bagus Gede Candrawan, M.Ag, Dekan Fakultas Dharma Acarya Dr. Drs. Made Redana, M.Si, Dekan Fakultas Brahmawidya Dr. Drs. I Made Girinata, M.Ag., Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, serta beberapa orang Tim PMB. Kunjungan ini mendapat respon positif dari Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Bali bahwa UIN Sunan Kalijaga terbuka lebar untuk calon mahasiswa non muslim dan diharapkan kerja sama ini bisa berlanjut di masa yang akan datang.


Tim Sospro juga tidak melewatkan kesempatan untuk mendistribusikan brosur PMB ke pusat peribadatan di Puja Mandala Bali sebagai bahan promosi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dr. Syamsul Arifin, S.Ag. M.Ag. mengungkapkan bahwa kegiatan sosialisasi ini bisa terlaksana dengan baik dan lancar. Beliau berharap agar Sosialisasi dan Promosi PMB khususnya Jalur Portofolio Keberagaman UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta lebih intens digencarkan ke berbagai wilayah Indonesia, sehingga informasi tersebar luas dan meningkatkan peminat mahasiswa yang mendaftar.


Baca Juga : UM-PTKIN Dibuka Hari Ini, UIN Sunan Kalijaga Siapkan 1.364 Kuota

(Tim Media Admisi)